Tuesday, August 31, 2010

Awesome digital bokeh effect in Photoshop

Suda dua hari saya (admin multimedia zone) mempelajari tutorial Awesome digital bokeh effect in Photoshop, tutorial ini yang saya dapatkan di web seberang yaitu abduzeedo. Dan akhirnya alhamdulillah saya berhasil mencobahnya dengan menggunakan Adobe Photoshop CS3.


Hari ini saya akan mencoba men-share kan kepada teman-teman multimedia UPT SMK Negeri 1 Pasuruan dan para pemula di bidang Photoshop dengan bahasa saya sendiri. Ok saya tidak akan banyak bicara, mari kita lihat bagaimana cara pembuatan bokeh ini.....!


Step 1

Buat dokumen baru di photoshop dengan ukuran 1920x1200 pixels dan resolusi yang paling bagus. Isi latar background dengan warna gelap, yaitu dengan code warna #262626.



Step 2

Buat Layer baru, klik Ellipse Tool (U), kemudian buat seleksi lingkaran dengan warna hitam. Rubah Fill yang semula 100% menjadi 42% Kemudian klik menu Layer  >  Layer Style  >  Stroke, atur size 10px, pilih inside pada pisision, dan pilih warna hitam.

 
Step 3

Pilih layer lingkaran, klik menu edit  >  Define Brush, Ganti nama brush dengan nama baru.



Step 4

Buat layer baru dan berinama colours, isi warna latar bacgraound dengan code warna #262626. Pilih Layer Colours tadi kemudian klik menu Layer  >  Layer Style  > Gradient Overlay. Setting Blend menjadi Overlay, Opacity 100%, warna gradient dengan code warna : #ffff85, #1bd1eb, #9b3b81, #d27e34, Setting manjadi linier, dan Anggle 45.


Step 5

Buat Group Folder berinama Bokeh dan rubah Blend Mode menjadi Color Dodge. 

Step 6

Buat layer baru di dalam Group Folder yang Anda buat tadi. Klik Brush Tool (B) > klik menu Windows  > Brush (F5). Setting Brush Tip Shape 199%, Shape Dynamics, Scattering, dan Order Dynamics. Lihat Gambar di bawah.



Step 7

Setelah Anda setting pada windows Brush kita akan menyapu brush tool pada layer baru yang kita buat di dalam Group Folder tadi. Lihat Gambar di bawah.

Sebelum Anda menyapu Brush Tool rubah warna foreground menjadi putih. Klik layer Bokeh Real kemudian pilih Filter > Blur > Gaussian Blur, rubah Radius menjadi 20 px.

Klik layer Bokeh Middle kemudian pilih Filter > Blur > Gaussian Blur, rubah Radius menjadi 4 px.

Klik layer Bokeh Front kemudian pilih Filter > Blur > Gaussian Blur, rubah Radius menjadi 2 px.

Selesai





Screencast

0 comments:

Post a Comment