Tuesday, August 31, 2010

Lost in Space Typography in Photoshop

Senin kemarin saya (admin web blog mm) memeriksa beberapa postingan tentang desain grafis, setelah saya melihat postingan yang berjudul Lost in Space Typography in Photoshop di situsnya abduzeedo, sehingga saya terinspirasi untuk mencoba sesuatu yang baru. Jadi saya memutuskan untuk membuat komposisi abstrak dengan efek cahaya dan menerapkan bahwa sebagai tekstur sebuah teks, segala sesuatu dapat dilakukan hanya dengan menggunakan Photoshop.


Jadi, dalam tutorial ini saya akan menunjukkan cara membuat efek teks mudah di Photoshop. Saya akan bermain dengan brushes, Blend Mode, filter dasar seperti Blur dan Liquify, dan juga teks.


Step 1

Buat dokumen baru dengan ukuran 2560x1440 pixels. Pilih the Gradient Tool (G) dengan menggunakan 2 kode warna yaitu : (3d2626) Lighter and (060404) darker.


Step 2

Pilih Elliptical Marquee Tool (M) kemudian buat sebuah seleksi lingkaran. Buat layer baru dan pilih Gradient Tool (G). Gunakan 2 warna, hitam dan abu-abu. Lihat pada gambar di bawah ini.


 
Step 3

Klik Edit>Define Brush buat brush baru.

Step 4

Klik Window>Brushes centang beberapa pilihan seperti Brush Tip Shape, Shape Dynamics, Scattering, Color Dynamics and Other Dynamics. Lihat pada gambar di bawah.


 
Step 5

Buat Layer baru, klik Brush Tool (B) dan sapukan pada layer baru yang telah di buat.


Step 6

Jika terdapat 3 sapuan brush (3 Layer) jadikan satu folder, kemudian rubah Blend Mode ke Color Dodge.


Step 7

Buat layer baru, klik Rectangular Marquee Tool (M) buat seleksi rectangular. Pilih Gradient Tool (G) dengan warna hitam dan putih. Rubah Blend Mode ke Color Dodge.



Step 8
Duplikat light effect layer (step 7) sesuai dengan selera anda, kemudian putar light effect layer. Jika light effect layer kurang bagus anda dapat menggunakan Eraser Tool (E)  untuk menghapus bagian yang kurang sesuai selera anda.  Kemudian rubah Blend Mode ke Color Dodge. Lihat gambar di bawah.

 

Step 9

Buat layer baru di bagian paling atas, pilih Gradient Tool (G)  untuk menggradaikan warna, dengan warna red, yellow, green and blue. Kemudian rubah Blend Mode menjadi Overlay.



Step 10

Buat layer baru dan drag image checkerboard, Anda dapat mendownload image checkerboard di sini. Kemudian klik Filter>Blur>Gaussian Blur, dengan radius 10 pixel dan rubah Blend Mode menjadi Color Dodge.


Step 11

Klik layer image checkerboard kemudian pilih Filter>Liquify. Klik Twirl Clockwise Tool (C) dan Bloat Tool (B) untuk memutar image.



Step 12

Klik semua layer dan tekan dan tahan ctr + alt + shift + E. Kemudian klik Filter>Blur>Gaussian Blur dengan radius 20 pixel , rubah Blend Mode menjadi  Screen dengan Opacity 50%.  Ulangi langkah ctr + alt + shift + E satu kali lagi untuk mengakhiri desain baground.



Step 13

Buat dokumen baru dengan ukuran yang sama dan warna gradasi dengan code warna light one is 3b2500 and the dark 130f08.



Step 14

Pilih Horizontal Type Tool (T) dengan tupe text VAL Stencil, jika anda tidak memiliki type file ini bias download disini.



Step 15

Klik pada layer text, pilih Layer>Layer Styles>Drop Shadow. Atur Multiply for the Blend Mode, black for the color, -90ยบ for the angle, 0 for Distance and Spread and 30 for Size. Lihat gambar di bawah.

Step 16

Centang juga Inner Shadow, dan atur Color Dodge for the Color with White, 100% for the Opacity, 2 pixels for the DIstance, 1 for Choke and 5 pixels for Size. Lihat gambar di bawah.

Step 17

Drag Desain Baground yg sudah kita buat tadi ke dalam dokumen text. Klik pada layer desain baground, pilih Layer>Create Clipping Mask.



Step 18

Kunjungi Google Image dan cari gambar dengan kata kunci http://www.cardiff-astronomical-society.co.uk/ECLIPSE2006\DSCF0841.JPG. Kemudian Copy dan Paste. Klik Image>Adjustments>Levels. rubah Blend Mode menjadi Screen. Lalu klik Filter>Blur>Gaussian Blur. Atus radiu 5 pixels.



Step 19

Duplikat Layer image yang anda cari tadi di google, dan posisikan sesuai selera anda pada sekitar text.



Selesai


0 comments:

Post a Comment